Sumber. |
Pada postingan kali ini, saya akan membuat karakter Slenderman dengan tulang/rigging yang dapat bergerak. Saya menggunakan aplikasi Blender v2.79. Berikut langkah-langkahnya:
3. Berikan modifikasi Mirror terhadap sumbu Y agar utuh kembali
6. Extrude bagian bawah untuk membuat paha, dan kombinasikan dengan tools Scale, Grab dan Rotate hingga seperti gambar dibawah
7. Atur bagian dada dengan Edge Select
8. Potong bagian paha menjadi 2, dan buat paha atas menjadi lebih bidang dengan pilih Alt + klik Vertex agar me-loop dan atur Rotate
9. Gunakan tools Extrude untuk membuat lutut, betis dan pergelangan kaki
10. Rapikan bagian tubuh dari camera sisi samping, agar terlihat bagian depan atau belakangnya
11. Extrude untuk membuat kaki
12. Untuk membuat tangan, saya akan membuat bahu terlebih dahulu dengan memotong 2 bagian pada dada lalu miringkan Vertex dan Extrude
13. Scale bahu terhadap sumbu X
14. Extrude bagian lengan atas dan Scale ujung tangan hingga terlihat kotak
15. Extrude untuk membuat sikut dan lengan bawah
16. Potong bagian tubuh menjadi seperti gambar dibawah dengan Ctrl+R
17. Pindah ke Object Mode dan pada Tools klik Smooth, lalu atur
18. Pilih Add Modifier, Subdivision Surface
19. Buat Objek menjadi lebih halus hingga seperti gambar dibawah
20. Bentuk tubuh dan jari-jari sudah lengkap
21. Untuk membuat kepala, Extrude bagian dibawah
22. Extrude lagi untuk wajah
23. Dan inilah objek tubuh manusia yang sudah memiliki anggota badan dan kepala
24. Kemudian kita akan memulai rigging, pertama download dahulu add-on Rigging: Rigify
25. Tekan Shift+A, pilih Armature dan pilih Human
26. Setelah muncul Human Bone-nya, lalu klik objek manusia dan tekan Shift+C. Lalu pilih Human Bone lagi dan tekan Shift+S, pilih Selection to Cursor. Human Bone akan pindah ke bawah
27. Atur Scale dan buat agar Bone masuk ke dalam dan pas dengan ukuran objek manusia. Gunakan tools Scale, Grab dan Rotate
28. Setelah itu, pilih objek manusia terlebih dahulu lalu pilih Human Bone-nya hingga berwarna seperti gambar dibawah, lalu tekan Ctrl+P, pilih With Automatic Weights
29. Pilih Object Mode, pilih objek Human Bone, lalu pindah ke Pose Mode. Pilih salah satu bone atau beberapa, terserah bagian mana saja. Lalu coba gerakkan dengan kombinasi tools S, G atau R. Jika bone digerakkan dan objek Manusia juga ikut bergerak, itu berarti Anda telah behasil me-rigging objek
Contoh hasil:
Note: Screenshot diambil secara berurutan dan digerakkan dengan menggunakan Pose Mode Blender
Download File Slenderman Blender: http://bit.ly/2CFzurT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar