Apa yang akan Anda cari?

Kamis, 11 Mei 2017

Ekonomi Web

EKONOMI WEB

Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Seiring dengan perkembangan zaman, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa saat ini teknologi merupakan kebutuhan kita dalam kehidupan sehari. Semua aspek kehidupan pada dewasa ini hampir semuanya menggunakan teknologi, termasuk pada aspek ekonomi. Segala aktivitas perekonomian kini telah banyak yang menggunakan fasilitas teknologi seperti halnya internet. Dengan bantuan internet, perekenomian terasa lebih mudah, jarak dan waktu bukanlah hal yang dapat membatasi lagi antara penjual dan pembeli. Dengan internet juga seseorang dapat juga membuat sebuah ekonomi web.

DAMPAK EKONOMI DARI PENGARUH WEB TERHADAP PERIKLANAN

Iklan

Periklanan adalah sumber informasi bagi para konsumen dan sumber kekuatan pasar bagi para pengiklan. Periklanan telah dituduh merugikan masyarakat karena sepertinya ia lebih dari sekedar menjual produk-produk baru ia juga dapat membentuk kecenderungan dan sikap sosial secara kuat. Dengan internet sebuah perusahaan dapat menyajikan kombinasi iklan, informasi dan hiburan yang berhubungan dengan produk mereka kepada konsumen. Para konsumen mampu mengendalikan penampakan produk pada mereka dan akhirnya memutuskan apakah mereka ingin lebih mengetahuinya atau bahkan memesannya. Dengan mengetatnya anggaran periklanan pada tahun 1990an keandalan menjadi lebih penting daripada sebelumnya. Para pengiklan internet mampu mencatat jumlah orang yang benar-benar melihat iklan mereka dan dari awal mengetahui berapa banyak biaya yang dibebani mereka setiap kunjungan situs Web.

Secara garis besar iklan adalah promosi benda-benda seperti meja baru, atau jasa seperti kantor pos, tempat usaha, ide, dan lain sebagainya yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Beberapa keuntungan dengan menggunakan iklan pada Web yaitu:
  1. Iklan Memperluas Alternatif Bagi Konsumen.
Tak bisa dipungkiri dengan adanya iklan konsumen dapat memilih berbagai macam produk yang ada hingga pada akhirnya menimbulkan adanya pilihan.
  1. Menimbulkan Kepercayaan.
Kepercayaanlah yang ingin produsen berikan kepada konsumen saat iklan itu ditampilkan secara gagah di hadapan masyarakat atau di halaman website dengan ukuran besar dengan logo yang sangat cantik, secara otomatis konsumen pun menaruh kepercayaan yang tinggi bahwa produsen yang membuatnya bonafid dan produknya bermutu.
  1. Iklan Membuat Orang Kenal, Ingat Dan Percaya.
Bisa dari kata-kata slogan, cuplikan lagu yang ditampilkan bersama gambar pada iklan tersebut, ataupun dari iklan yang tidak jelas “maksudnya” sampai terlalu jelas, membuat kita akan ingat selalu iklan tersebut.
  1. Iklan membuat orang tahu akan kebutuhannya dan dimana ia dapat memperoleh kebutuhan tersebut.
  2. Iklan secara tidak langsung telah ikut memajukan perekonomian Negara.
  3. Dapat menjangkau berbagai daerah yang Sulit dijangkau secara fisik oleh produsen melalui siaran televisi atau radio.
Dampak/Manfaatnya Pengaruh Iklan Bagi Web
  1. Iklan tersebut dipasang oleh Produsen secara menarik di Website, maka kemungkinan besar dilihat oleh konsumen atau visitor.
  2. Adanya timbal balik dari iklan ke web. Bila iklan diklik oleh visitor, web tersebut mendapat persenan dari iklan tersebut.
DAMPAK EKONOMI DARI PENGARUH WEB TERHADAP PENJUALAN ONLINE

Penjualan Online

Penjualan online adalah suatu transaksi untuk menjual barang melalui jaringan komputer atau internet. Sistem Penjualan Online ini merupakan sistem yang dapat digunakan untuk menangani proses penjualan produk tunai. Sistem ini memiliki keunggulan utama yaitu kecepatan akses dan sistem yang dapat diakses dari manapun karena berbasis web. Fasilitas yang disediakan didalam sistem ini antara lain penanganan master untuk pelanggan dan produk, penanganan transaksi untuk penjualan, pembuatan faktur dan kwitansi, serta penyajian laporan penjualan berdasarkan beberapa kriteria.

Dampak Penjualan Online bagi Ekonomi
  1. Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
  2. Terjadinya industrialisasi
  3. Produktifitas dunia industri semakin meningkat kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi.konsumen tidak perlu pergi ke toko.
Pengaruh lainnya:
  1. Kehadiran e-commerce yang terus berkembang lambat laun akan merubah  kebiasaan bertransaksi sebagian masyarakat kita. Para produsen maupun konsumen akan terbiasa menjual maupun membeli produk dan jasa secara online ketimbang melangkahkan kaki ke outlet penjualan. Ruang dan waktu bukan lagi menjadi kendala. Sebuah perusahaan di Indonesia memiliki kesempatan yang sama dengan kalangan bisnis asing untuk menjalin kerjasama atau ingin mengakses pasar mancanegara.
  2. Seseorang lebih mudah untuk mengembangkan usahanya seperti dengan menjual barang dan jasa via online. Banyak sekali situs yang menyediakan jual beli online. Salah satu yang terbesar adalah Tokopdeia dan Bukalapak. Dengan adanya Internet pula kita tidak perlu repot pergi untuk membeli barang yang kita butuhkan. Tinggal pesan saja melalui transaksi ataupun dengan cash.
  3. Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi.
DAMPAK EKONOMI DARI PENGARUH WEB TERHADAP LELANG ONLINE

Lelang Online

Online auction adalah mekanisme pasar dimana penjual menawarkan produk dan pembeli melakukan penawaran secara berurutan secara kompetitif hingga harga terakhir dicapai. Online auction menerapkan konsep dynamic pricing, yaitu harga yang berubah berdasarkan pada hubungan penawaran dan permintaan pada waktu tertentu. Harga yang ditawarkan dalam hal ini justru semakin naik, yang ditawarkan oleh calon-calon pembeli yang berminat terhadap barang tersebut. Lelang bisa digunakan sebagai sebuah bisnis. Keuntungan-keuntungan antara lain sebagai berikut :
  1. Tidak Terbatas oleh Waktu.
Dengan lelang online, Anda dapat melakukan penawaran kapanpun Anda mau, 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.
  1. Tidak Terbatas oleh Tempat.
Anda tidak perlu melihat wajah saingan saingan yang ikut menawar item favorit Anda, karena bisa jadi Anda dan mereka berdiri pada benua yang berbeda, tentunya selama tempat tersebut terjangkau Internet.
  1. Jumlah Penawar yang Besar.
Lelang online menyediakan ruang yang cukup sekalipun semua manusia di dunia berpartisipasi.
  1. Jumlah Penjual yang Besar.
Dengan adanya jumlah penawar yang besar, tentunya juga memicu penjual untuk memasang barangnya, tentunya ini harus didukung oleh kemudahan-kemudahan yang disediakan pada website yang bersangkutan.
  1. Jaringan Ekonomi.
Hal ini akan menimbulkan siklus ekonomi permintaan dan persediaan, menjadikan sebuah sistem yang berguna bagi pesertanya.

Ada empat kategori utama dynamic pricing yaitu:
  • Satu pembeli, satu penjual
  • Satu penjual, banyak pembeli potensial
  • Satu pembeli, banyak penjual potensial
  • Banyak penjual, banyak pembeli
Manfaat dari Online Auction dibagi jadi 3 bagian, yaitu :

Manfaat bagi penjual :
  • Meningkatkan pendapatan dengan memperluas pasar dan mempersingkat waktu
  • Menetapkan harga optimal yang ditentukan oleh pasar
  • Meningkatkan hubungan dan loyalitas pelanggan
Manfaat bagi pembeli :
  • Kesempatan untuk menemukan barang yang dicari
  • Hiburan bagi pembeli
  • Pembeli bisa menawar dari manapun, bahkan dengan telepon selular
Manfaat bagi Auctioner :
  • Pembelian yang lebih tinggi.
  • Pembeli cenderung untuk berkunjung lebih lama dan kembali lebih sering.
  • Ekspansi bisnis lelang.
Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar